Jumat, 26 September 2008

EsBeYe

Gw baru-baru ini dapet proyek baru disamping BCE, yang bisa gw lakukan kalo lagi jenuh setelah ngetik.

Yeah, gw nerjemahin manga. Gw ambil beberapa lembar halaman Loveless yang menurut gw oke, terus gw kelompokin. Akhirnya gw dapet empat yaoi scene yang bisa gw terjemahin. Sekarang sih udah selese semuanya. Empat-empatnya ada di vol 1 chapter 4 16-30, vol 3 chapter 3 12-15, vol 3 chapter 6 31-33, sama vol 6 chapter 6 1-7.

Gw pernah baca bukunya Machiko-sensei tentang kalo mau buat balon kata, kata-katanya nggak boleh mepet garis, harus paling nggak bisa masuk ke sebuah bentuk kotak dan nggak bentur garis. Dulu gw pikir itu cuma supaya keliatan rapi aja, ternyata…kalo mepet garis, ngerepotin penerjemah amatir kayak gw ini! Karena susah banget buat ngapus tulisannya, supaya garisnya gak ikut kepotong. Lagipula pas penulisan ulang gw juga sebisa mungkin bikin yang gak bentur garis, supaya bisa langsung cut dan bisa ngatur letak kalimatnya tepat di tengah.

Susah juga kalo balon katanya kecil, selain ngapusnya susah, bikin tulisannya susah lagi—harus nyari font yang kecil, dan nggak bisa pake caps lock. Penempatannya susah lagi, soalnya kan jangan ngebentur garis biar gampang bacanya. Gw paling sebel karena tadinya itu tulisan dari Jepang (so nulisnya nurun) jadi balon katanya manjang ke bawah. Sementara cara nulis kita kan ke samping. Makanya banyak kata-kata panjang yang terpaksa dipotong. Kalo udah gitu, kemampuan bahasa indonesia gw jadi berguna juga, soalnya kalo mau motong kata kan harus pas di suku katanya. Iya kan?

Well, hiburan kedua gw (kan komik udah selese) adalah Pharaoh. Nih game gw nggak tahu sih terkenal apa nggak, secara temen-temen gw pada nggak tahu tuh. But ini seru banget, yah intinya bikin kota mesir gitu deh.

Nah, konsep Pharaoh itu kan rumah-rumah penduduk kita bisa naik level jadi lebih mewah (dan dengan itu pajaknya juga gede, lumayan kan buat kas negara), dan kalo mau gede gitu, stok kebutuhannya harus cukup. Sementara itu gw udah hampir botak aja ngurusin jalannya biar para kurir bisa jalan dengan benar! Aah! Ada apa dengan saya?! *mukul kepala ke keyboard*

Well, yang jelas kalo kita maen Pharaoh, gw pribadi sih malah seneng kalo penganggurannya lumayan banyak. Soalnya kalo penganggurannya nyampe nol persen, kalo gw bikin satu bangunan kerja lagi buat ngurusin sesuatu apa kek gitu, berarti nanti nggak ada yang kerja. Jadi gw mending ningkatin penganggurannya biar selalu cukup.

Enak kali ya, coba kayak Indonesia gitu, banyak penganggurannya, gw mau make banyak gedung sih masa bodo, pasti bakalan ada pekerjanya. Mungkin gw bisa bikin game suatu hari nanti, namanya bukan Pharaoh: Build a Kingdom, Rule The Nile, Live Forever, tapi EsBeYe: Build an Album, Rule The Ciliwung, Live Nervous (sori pak ^^).

Indonesia, Indonesia…

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.