Senin, 31 Maret 2008

Sebuah Kejujuran

Ohayo, ikaga desu ka? Well, hari ini seru banget. Here it goes.

First, ada PR Bahasa Arab. Gw kira cuma bagian C doang, ga taunya Drill juga dikerjain. Alhasil, walo C dapet 100, Drill dapet 0. 100 bagi dua sama dengan 50. Untung aja nilai gw sebelom ini bagus semua.

Agama berlalu tanpa masalah berarti. Seni budaya, nih. Anak-anak disuruh bawa alat musik: boleh rekorder ato pianika. Entah karena gw benci tuts piano ato gw udah lama ga maen, gw ga bisa maen pianika. Untungnya gw lancar bawa rekorder. Jadi ya gw bawa.

Di 7D dikit banget yang bawa rekorder. Kevin bawa. Bayu bawa kalo ga salah. Akmal juga bawa. Idat bawa dua-duanya, rekorder en pianika.

“Oke! Sekarang, kita coba buat memainkan lagu ini, Maju Tak Gentar, dimulai dari rekorder. Mulai dari baris 1!”

Baris gw adalah baris keempat. Anggotanya sesuai urutan dari depan: Riza, Idat, gw, Bayu, en Riddle. Lima-limanya masuk 10 besar. Setelah harmoni musik yang ancur tiada duanya, akhirnya tiba giliran baris empat.

“Rekorder dulu!” kata Bu Nia. “Satu, dua, tiga!”

NGIIIIKKKKKKK. Idat niup rekorder. Anak-anak ngakak. Bayu berhenti niup buat ngakak tanpa gw sadarin. Akhirnya tinggal gw yang main—en gw yang lagi konsen mainin lagu pake rekorder susah buat ngeberhentiin diri sendiri. Anak-anak, seluruh kelas, diem semua. Ngedengerin lagu yang gw mainin sampe abis satu baris.

Trus mereka aplaus. Keras banget. Well, keahlian maen rekorder adalah sesuatu yang langka dimiliki oleh anak skul gw, okeh. Ditengah aplaus yang riuh itu, Bu Nia teriak. “Nah, itu baru maen rekorder! Jangan kayak Idat!”

Gw kaget. Rasanya aneh, wong rekorder itu adalah sebuah alat musik yang lazim di SD. Keahlian main alat musik itu udah biasa—cuma sedikit yang belom lancar maen. Di SMP, khususnya 7D, anak yang masih bisa lancar maen rekorder cuma gw. Nasipp. Gw jadi spesies langka.

Belom, belom masuk ke inti cerita. Pas istirahat kedua, abis solat, Deyar en Icha ngedatengin gw.

“Sa! Kita nyocokin jawaban pr matematika yuk!”

Gw mengernyit. “Yang mana?”

Matii. Gw belom ngerjain. Akhirnya gw ngerjain, sambil ngajarin tu anak dua. Masa ngitung sudut jajar genjang aja kagak bisa. Yah, walo gw kerjain di skul, tapi gw tetep niat mau ngaku kalo gw ngerjain di skul. Paling nggak, gw ga dianggep ga bisa. Tapi cuma lupa.

“Ayo…lo ga ngerjain ya? Gw laporin tuh lo ngerjain di skul,” kata Idat jail.

“Laporin aja,” kata gw. “Gw niat mau ngaku kok.”

Tepat saat itu Pak Iding, guru mat, masuk kelas.

“Nah, gimana prnya? Ada kesulitan?” tanya Pak Iding.

“Ngggaaaakkkk…” kata anak-anak, tereak kayak pedagang somay.

“Bagus! Kalo gitu kita langsung belajar aja. Ga usah periksa.” Pak Iding ngambil spidol.

Idat ternganga. “Tapi…tapi…”

Dia wajar bingung. Kebiasaan Pak Iding adalah selalu ngecek pr anak-anak. Ga usah jawabannya bener, yang penting ngerjain.

Gw tersenyum. “Itu lah kalo kita punya niat jujur, Dat. Tuhan pasti ngebales dengan nyelametin kita.”

Idat merengut kesal.

Tidak ada komentar: