Senin, 25 Agustus 2008

Fitnah (1)


Entah udah berapa kali gw difitnah yang nggak-nggak selama hidup gw. Anehnya, fitnah yang ditujukan ke gw itu selalu menyangkut cowok.


Nggak terhitung kalo di SD, entah gw difitnah jadian sama Rival lah, Shine lah. Pokoknya mereka, lebih sering sih Rival, secara gw kenal dia sejak kelas 3, sementara kenal Shine baru kelas 6 sejak dia jadi temen sebangku gw. Tapi saat ini, saat SD, fitnahnya gak parah-parah amat. Ringan lah. Dan gosipnya nggak terlalu nyelekit.


Tapi di SMP? Selama kelas 7 gw difitnah jadian sama Riddle. Padahal tahu sendiri lah, Riddle itu kan banyak yang demen, mana berani gw sekadar ngerayu ato paan lah. Gw belum pernah jatuh cintrong. Nggak tahu juga gimana rasanya. Yang jelas, yang paling bikin sakit hati itu adalah kakak kelas-kakak kelas gw yang mandang gw seakan gw ini cacing busuk ato apaan lah. Gw sendiri pernah diwawancarai soal hubungan gw itu sama Riddle, beneran jadian apa kagak. Duuh. Kalo gw jadian sama Riddle, apa kata dunia? ”Mari gebuk Sasha rame-rame.”


Nah, kelas 8, gw difitnahnya jadian sama Master. Ini jelas paling buruk. Soalnya yang jadi sumber fitnahnya itu adalah sahabat gw en Master sendiri, Tyo. Yah, karena Riddle nggak ada (dengan kata lain nggak ada lagi yang cocok banget ngobrol sama gw), pada akhirnya gw sama Master mulai nyadarin kalo kita enak jadi temen. Nambah sama Tyo lengkap deh kita bertiga.


Nah, anak-anak gedek kelas 9 pun nggak pernah luput dari tugas ngawasin makhluk buruk rupa kurang kerjaan yang temennya cowok semua ini. Nggak tahu deh sapa yang mule, yang jelas beredar gosip di sebagian anak kelas 9 (yang doyan gosip maksut gw) kalo gw deket banget sama Master, dan akhirnya Master mulai dicurigain. Mereka semua tahu kalo gw suka ngumpul bertiga sama Master en Tyo, jadi mereka datengin Tyo.


Andai saja, andai saja Tyo bukan cowok mulut ember yang brengsek, gw serius. Pas ditanyain gw sama Master jadian apa kagak, dia jawab iya! Dia jawab iya, sodara-sodara yang terhormat! Bukankah seharusnya dia sadar kalo nama Master dipertaruhkan di tangannya, astaga, apa kata orang nanti? Dengan informasi menggemparkan dari orang dekat korban, nggak ada lagi yang mau menggali informasi lebih jauh. Berita itu langsung merembes seperti bocor di gudang kopra, bukan main. Sekarang seluruh kelas 9 lagi pesta pora, seneng karena dapet berita ajaib. Seorang Sasha jadian? Seorang Sasha yang nggak punya jiwa feminin, yang buruk rupa dan tololnya naudzubillah kayak gini, jadian? Wow. Fantastis sekali, bukan?


Begitu gw denger ini dari KaitoIcha dan Rinal (kembarannya Master), gw yang saat itu lagi stres berat karena nilai gw lagi anjlok semua, langsung muntab. Gw bilang dengan suara bergetar ke KaitoIcha sama Rinal buat nungguin Tyo. Kalo dia ada, kasih tahu gw. Sementara itu gw ke kelas, meringkuk, dan berusaha memejamkan mata. Walaupun begitu ketika gw memejamkan mata, gw seakan bisa melihat wajah anak-anak kelas 9, semuanya menertawakan gw dan berbisik-bisik.


”Sa,” gw denger ada yang manggil gw. Gw mendongak. Ternyata Rinal.


”Tyo diluar,” bisiknya. Gw bangkit, dan berjalan tenang ke pintu, walau jantung gw berdebar begitu keras sehingga sesaat gw yakin Rinal bisa denger. Di luar gw ngeliat Tyo lagi senderan ke dinding di sebelah pintu, makan es krim. Gw nangkep kerah bajunya dan menyeretnya masuk kelas.


Di kelas cuma ada beberapa anak cowok yang lagi ngobrol, plus Isna. Nggak masalah. Gw ngebanting Tyo ke dinding, diiringi dengan bisikan Rinal ke KaitoIcha dan Master. ”Kayaknya seru, deh. Yok kita liat.”


”Tyo,” kata gw, suara gw bergetar marah. ”Apa perlu gw kabarkan dengan gembira kalo Master baru aja kehilangan nama gara-gara lw?”


”Ap-ap-apa?” gagapnya.


”Oh, bukan apa-apa. Gw baru aja denger kalo gw dan Master digosipin jadian, dan sumbernya adalah lw?” gw menekan tiga kata terakhir. Tyo sedikit ciut. Anak-anak cowok yang lagi ngobrol berhenti, menyadari aura kemarahan yang gw pancarkan. Mereka beringsut mendekat.


”Sumpah, Sa! Bukan gw!” kata Tyo gagap.


Gw menyambar bagian depan kerah bajunya. Fajri, salah satu dari anak yang menonton gw lagi ngancem Tyo, bergegas mendekat. Ia mengambil es krim dari tangan Tyo. Gagasan bagus, soalnya nggak mungkin gw bisa melakukan pengintimidasian kalo benda itu ngalingin perhatian Tyo dari gw.


”Oh, bukan lw?” tanya gw, masih muntab. ”Terus kenapa ya, anak-anak kelas 9 ngomong tahunya dari lw? Ada yang bisa menjelaskan, atau gw mesti bawa salah satu anak kelas 9 kesini?”


”Gosipnya bukan dari gw, mereka nyimpulin sendiri!” kata Tyo setengah teriak, berusaha menyelamatkan diri sendiri. ”Gw cuma ditanya lw sama Master jadian nggak, dan gw cuma ngangguk!”


”KALO GITU KENAPA LW NGANGGUK? KENAPA LW NGANGGUK?” teriak gw, kesabaran gw sudah benar-benar habis. ”MEREKA BAKALAN BERHENTI BERGOSIP TENTANG DIRI GW SETERUSNYA KALO LW NGGELENG ATAU APAPUN, TYO! KENAPA LW NGANGGUK? DENGAN BEGITU MEREKA PUNYA BUKTI, DAN BUKTINYA KUAT, KARENA DIBERIKAN OLEH TEMAN BAIK KORBAN SENDIRI! GW KIRA LW TEMEN GW, GW KIRA LW BAKALAN SELALU NGEBELA MASTER DAN GW, TERNYATA NGGAK! LW BRENGSEK, TYO!”


Tyo gemetar di bawah tatapan mata gw. ”Sori, Sa...” bisiknya ketakutan.


”Sori nggak bikin anak-anak gedek itu berhenti ngomongin Master,” kecam gw, nyeret Tyo keluar kelas. ”Sekarang gw mau lw berikan kompensasi. Datengin semua anak kelas 9 yang lw kasih berita bohong. Beritahu mereka kalo waktu itu lw gak bicara jujur. Sekarang!”


Tyo lari terbirit-birit. Gw ngelirik samping. Master, Rinal, dan KaitoIcha sudah hilang. Gw gak tahu kemana mereka pergi, gw sama sekali nggak bisa mikir saat itu, gak ada apapun di pikiran gw kecuali pikiran mengerikan bahwa gw baru aja bikin seorang lagi dapet nama buruk gara-gara gw. Gw balik ke kelas, ke meja gw, dan menyembunyikan kepala dari tatapan anak-anak di kelas yang menatap gw, ngeri.


Jadi ini alasannya...awal istirahat saat gw keluar dari kelas, Fattah-sen muncul di depan kelas, menahan Master di lengannya. Dia nyengir.


”Siapa nama lw?” tanyanya, begitu senang sehingga gw kira lebaran diundur sebulan lebih cepat.

Gw diem. Firasat gw menahan gw buat bicara.


”Sasha, bukan?” tanyanya lagi.


Gw ngangguk pelan. Dia nyengir, lalu mandang Master. Master kelihatan sedih atau pasrah, sulit dikatakan.


Pikiran gw kembali. Ada yang ngetuk-ngetuk jendela di sebelah gw. Gw noleh. Kepala Rinal dan KaitoIcha nongol di jendela. Rinal nyengir, lalu mengangkat tangannya, lalu mencoba buat melambai, tapi berhenti ngeliat ekspresi gw. Gw bener-bener nggak bisa senyum lagi saat itu, gw masih kalap. Mereka berdua langsung menarik kepala mereka ke bawah jendela. Gw kembali membenamkan kepala. Mungkin cuma perasaan gw, tapi gw ngerasa ngedenger dua orang yang berteriak sambil berlari.


Gw bener-bener berharap mati-matian kalau anak-anak kelas 9 mau ngerti, dan gw serius. Ini menyangkut nama Master. Yah, kalo soal gw, memang siapa peduli sih sama anak ndablek yang penggoda kayak gw ini? Sejak awal kelas 7 gw sudah digosipin, pelacur, itu sebutan mereka buat gw. Nama gw udah jelek sejak gw menapakkan kaki di SMP. Nggak ada yang bisa mengubah keadaan, sekeras apapun mereka mau mencoba. Lagipula siapa yang mau repot-repot? Hei, siapa yang bakalan peduli bahwa si pelacur terkenal angkatan kedua ini ternyata namanya sudah lebih tercemar dari sungai-sungai kota Jakarta? Selamanya gw bakalan tetap dicap sebagai anak paling nyebelin di seluruh kelas 8, lihat saja. Dari dulu gw sudah tahu soal pandangan mereka tentang gw, informan kelas 9 yang ngasih tahu. Mereka bilang gw...yah, pelacur itulah, penggoda lah, genit tapi pura-pura tomboi lah. Kalau mereka tahu yang bikin gw cocok ngobrol sama anak-anak cowok itu adalah si ninja rambut pirang yang ingin jadi Hokage itu, tentu mereka bakalan berpikir dua kali. Sayang ya mereka nggak bakalan percaya cerita masuk akal seperti itu.


Gw mendongak, dan melihat Master sedang berjalan ke 8C. Dia ngeliat gw dan melambai. Tapi entah, setelah dia menatap muka gw, dia langsung merinding dan cepat-cepat menoleh, menatap Reza, dan berseru lantang. ”Hai, Rez!”


Bel berbunyi. Gw melihat Tyo masuk kelas dan duduk di kursinya. Gw belum berani nanya. Di tengah pergantian pelajaran, gw datengin Tyo dan bertanya. Dia jawab dia udah ngomong. Gw gak bisa bilang apapun, jadi ya sudah, gw cuma mengangguk puas dan pergi.


Pulangnya Rinal nyamperin gw. Dia nanya tentang Tyo dan gw jawab Tyo sudah melaksanakan ultimatum yang gw berikan ke dia.


”Sa, lw jangan percaya begitu aja, dia bohong,” kata Rinal cemas. ”Gw ngebuntutin dia begitu ngeliat dia lw usir, dan gw liat dia cuma ngomong singkat ke Kak Gina terus langsung pergi.”

Kebohongan busuk ini langsung menghantam gw. Kebetulan yang manis, gw ngeliat Tyo lagi muter-muter di tiang kayak apaan tauk. Gw langsung ngelabrak dia, dan menceritakan yang tadi diomongin Rinal.


”Eh, yah, supaya mudah, gw cuma bilang ke Gina dan minta dia buat ngomong ke yang lain,” katanya. Kurang ajar betul. Gw kalap lagi.


”Lw kira dia bakal bersedia buat menceritakan sebuah kegagalan informasi?” teriak gw, geram luar biasa. ”Sekarang pergi lagi, katakan pada orang-orang yang ada waktu itu! Sekarang!”


Tyo buru-buru kabur ke Fattah-sen, yang lagi baca koran di meja piket. Gw keluar ke gerbang sekolah. Brengsek, jemputannya belom ada. Gw kembali ke sekolah, dan melihat Rinal lagi ngomong ke KaitoIcha. Terus dia ngeliat gw, sementara KaitoIcha terpaksa pergi karena jemputannya mau cabut.


”Sa!” katanya, wajahnya panik. ”Gosipnya jadi fatal!”


”Jelaskan,” kata gw gentar, walau gw nggak pengin mendengar berita buruk lagi.


”Guru-guru, mereka sudah tahu tentang gosip itu,” kata Rinal, ketakutan. ”Master dipanggil...”


Gw terperanjat. Masalahnya belum berakhir seperti yang gw kira! Master masih dalam bahaya. Gw lari, diikuti oleh Rinal. Gw ngeliat Master. Master ngeliat gw juga, lalu kita mendekat. Disusul oleh Rinal, dan Afyra, yang sudah mengetahui masalahnya dan mendengar Rinal berbicara tadi.

”Tolong, jelaskan,” desak gw.


Mengacuhkan suit-suitan menyebalkan dari Fattah-sen, Master menceritakan semuanya. Dia bilang gw dan dia bakalan sedikit diinterogasi sama Bu Yuni, dan kalau sudah terbukti kita jadian, orang tua bakalan dipanggil. Gw ngerasa langit runtuh.


”Tyo brengsek,” kata Afyra, kelihatan kesal. ”Lihat, fatal banget akibatnya. Sasha anak kepercayaan Bu Yuni, dengan begini namanya tercemar jauh lebih parah...”


Gw nggak peduli nama gw mau gimana juga—sekarang kalau Master sampai kena point atau paling tidak namanya tercemar juga, itu semua kesalahan gw, murni kesalahan gw. Kenapa gw harus jadi sahabatnya? Kenapa gw nggak pasrah aja dan jadi anak yang sopan dan pendiam seumur hidup gw, belajar aja yang bener, supaya nggak ngerepotin orang lagi? Gw takut. Mula-mula gw kehilangan Rival, lalu Riddle, dan sekarang Master...berapa lagi sahabat gw yang gw sayang harus pergi? Gw memutuskan untuk lari saat itu, tak memedulikan panggilan siapapun, gw lari keluar gerbang sekolah, meninggalkan Master dan Rinal...tenggorokan gw tercekat, gw ini bener-bener anak paling nggak berguna. Sampai kapan gw mesti menimbulkan bencana diantara sahabat-sahabat gw?


Satu lagi yang terkena getah dari semua kesembronoan gw...

Tidak ada komentar: