Kamis, 07 Agustus 2008

LDKM *mati*

Gw itu MPK. Tahu MPK kan? Majelis Perwakilan Kelas, jadi anak yang disuruh ngewakilin kelasnya gitu. Nah, gw adalah MPK 7D. Buat info, MPK itu satu tingkat diatas OSIS. Gitu lah.

Nah, suatu hari, Pak D (guru gw, yang biasa ngurusin OSIS-MPK) itu ngajak anak-anak OSIS-MPK buat ikut kayak acara kemping-gimana-gitu deh, namanya LDKM. Well, mumpung lagi kagak ada kerjaan, yo weis gw ikut aja. Pas hari H, setelah mendata ulang anak-anak yang ikut…ternyata COWOK YANG IKUT CUMA EMPAT. Empat sodara-sodara. Kacau banget. Yang ikut tuh cuma Idat (7D), Riddle (7D), Riza (7D), sama Kak Jodi (8 apaan tauk). Wah 7D itu emang rajin yah. Hwahaha.

So, akhirnya guru-guru berunding kilat, dan kesepakatan tercerdas pun keluar: culik aja anak-anaknya. Dan beneran diculik lho. Sisa anak OSIS-MPK yang gak ikut dipanggil paksa terus disuruh ikut. Perlengkapan dan baju? Mereka disuruh nelpon ke rumah buat bawain ke skul. Yang gak ikut kalo gak salah cuma 3: Aya-sen, Pandika-sen, sama Amel-sen—soalnya mereka bertiga sakit kalo kagak salah. So, setelah pengarahan dari kepsek, Pak Yayat, kita pun pergi dengan truk tronton. Oh tronton. Gw cinta sama elo.

Gw duduk di sebelah KaitoIcha, biasalah. Kita ngobrol banyak tentang komik AOT kita. Terus sempet tidur-tiduran dengan posisi duduk kebalik, aduh sakit bangets itu. Akhirnya setelah perjuangan dua jam-an, kita nyampe di tempat LDKM nya.

Kita gak pake tenda, info, kagak. Kita akan tidur di vila. Mungkin pertama kedengeran menyenangkan, tapi taukah kau wahai pembaca budiman, maksud dari vila itu adalah bangunan kayu yang berkamar empat, dan kamarnya sempit banget. Itu harus dipake buat 10 orang anak. Kamarnya kayaknya cuma cukup buat lima orang deh. Belum ditambah tasnya.

Olret, itu belom saatnya tidur. Jadi kita ada acara outbond gitulah, susah deh ngejelasinnya. Kelompok gw mendarat duluan di tempat outbond dengan tali. Ada tiga pilihan game, jalan dengan dua tali yang disejajarkan vertikal, terus ada yang horizontal, sama yang terakhir manjat jaring tali. Disana udah ada satu kelompok yang lagi nyobain permaenan tali vertikal en horizontal, jadi kita kedapetan manjat jaring tali. Keliatannya sih gampang tapi ternyata SUSAH BANGET. Gw sendiri walopun yang paling cepet nyampenya juga ciut nyali pas berada di atas. Tapi lama-lama sih kagak.

Well, beberapa saat kemudian, datanglah kelompoknya Riddle, Idat, sama Gii-sen, astaga tiga setan itu. Riddle nantangin gw balapan sama dia manjatin jaring, gw terima. Akhirnya seri sih, babak pertama gw menang tapi kedua dia yang menang, nyahaha. Setelah itu kita istirahat, sementara Riddle ngejawab pertanyaan gw tentang gimana caranya supaya jadi tinggi.

“Lw percaya gak Sa, dulu itu gw setinggi lw,” kata Riddle.

Gw tercengang. “HAH?”

“Iyah, percaya deh,” kata Riddle serius. “Tapi terus gw selalu lompat-lompat setiap hari, terus sering main basket. Ya akhirnya setinggi ini.”

Wow. Thanks berat Rid.

Tapi selanjutnya terjadi kejadian yang bikin perhatian gw en Riddle beralih. Idat pengen nyoba menjat tuh jaring. Tapi pas dia diatas, talinya masih di selangkangan, Alfi-sen sama Reta-sen ngegoyang-goyangin talinya. Akhirnya Idat cepet-cepet loncat ke tanah, terus ngaduh-ngaduh di tanah sambil megangin selangkangannya. Dia dipotret Pak D dalam pose kayak gitu, kasian banget gw.

Next, pas gw lagi ngiket tali sepatu, Gii-sen (kebiasannya kalo ngeliat orang lagi ngiket tali spatu) nginjek tali spatu gw, otomatis simpulnya kebuka lagi dong. Terus dia berusaha ngelepas sepatu gw, sialnya dia berhasil, terus ngelempar sepatu gw ke segunung pasir bangunan. Gw loncat-loncat dengan satu kaki ke tuh pasir sambil ngedumel, diliatin penduduk sekitar. Urat malu gw udah beneran putus, gw cuek aja.

Kita lewatin aja beberapa kejadian, akhirnya sampe pada waktu flying fox. Gw nyante dulu ngeliatin anak-anak lain nyoba tuh flying fox, gw belajar dulu aja supaya gak kagok. Gw duduk di rumput, sebelah Riddle. Nggak sih, agak keatasan dikit dari sebelahnya. Yah gw takut juga kali dikira ngapa-ngapain. Untungnya Bu Nur segera dateng dan duduk di belakang gw, jadi gw nggak berdua aja sama Riddle. Takut gw dicemburuin sama orang. Gw sama Riddle ngobrol-ngobrol dikit, tapi lagi-lagi terputus karena ketua OSIS, Alfi-sen, mau nyoba flying fox tersebut.

Nggak disangka-sangka dia takut. Kira-kira 15 menitan kali dia di atas pohon, menolak buat nyoba flying fox itu dan cuma pegangan ke dahan pohonnya, nggak mau pegangan ke tali dan meluncur. Gw ngakak-ngakak aja sama anak-anak lain, habisnya aneh sih, biasanya gw liat Alfi-sen adalah orang yang pemberani, wah ternyata lumayan takut ketinggian juga ya. Tapi pada akhirnya Alfi-sen berhasil dibujuk, dan akhirnya dia meluncur sambil teriak panjang banget. Kita ngakak sekali lagi, apalagi buat nolongin Alfi-sen, Pak Dwi sampe nyebur ke sawah segala.

Setelah itu giliran gw yang disuruh naek, gw sih ya udah naik aja. Tapi sebelumnya gw ngomong dulu ke Riddle.

“Eh, Rid, lw bisa dipercaya nggak?” tanya gw.

“Hah? Bisa, dong. Kenapa emang?” tanya Riddle.

Gw ngelepas jam tangan dan ngasi ke tangan Riddle. “Nih, tolongin jagain jam tangan gw.”

Riddle ngangguk. Gw naik ke atas pohon. Gila, ternyata lumayan tinggi juga. Gw cuma berbisik kecil. “Aah, jatoh gw, jatoh,” soalnya ternyata tinggi banget, ngelebihin dugaan gw. Walopun harusnya cuma seorang penjaga di pohon itu, yang tugasnya ngebantuin anak-anak yang flying fox, yang denger, tapi kayaknya Riddle juga denger deh gw ngomong kayak gitu. Dia ngeliatin terus ke atas pohon, ke arah gw.

Akhirnya gw meluncur—dan nggak nyebur. Huraay. Gw kembali ke tempat gw semula.

Gw: Rid, sini jam gw.

Riddle: Dih, ini kan jam gw! *megangin jam tangan gw erat-erat*

Pada akhirnya kita berebutan jam tangan, sampe Bu Nur yang dibelakang gw negor.

Nur-sensei: Hei, hei, kalian ini! Kalo berduaan, yang ketiga setan, lho.

Riddle: Dih, siapa yang berduaan! Kan orang ketiganya Ibu!

Gw: Iya, bener, Bu! Jadi kami kan nggak berduaan!

Nur-sensei: …

Hahaha. Kekuatan gabungan Riddle dan Sasha akan mengalahkan orang lain! *digampar Riddle*

Yah, well, LDKM itu bener-bener bikin stress. Kalo mau makan jalan jongkok dulu. Udah selese lompat kodok. Kalo ada yang gak habis, semua makanan sisa digabung jadi satu kayak makanan kucing, terus kami semua harus ngabisin sama-sama. Ancur ya? Tapi itulah, resiko gw ikutan kayak gini.

Tidurnya—akhirnya gw bisa lepas jilbab, gila panas banget—gw tidur tumplek blek desek-desekan di ruangan kayu yang ukurannya paling 2x2 meter. Dan itu buat 10 orang-an. Gw dan KaitoIcha berencana bangun pagi biar seger pas solat subuhnya. Target awal sih jam 2, tapi akhirnya molor sampe jam 3. Jam 3 kita bangun dan berusaha buat ngelipet sliping beknya KaitoIcha dengan ribut, akhirnya yang lain bangun deh. Cuma tinggal Syanaz doang yang masih molor. Bosen, gw keluar dan duduk di pager balkon. Iyah duduk aja di pegangan balkon, kalo ada yang iseng dorong gw ya gw jatoh gitu begulingan di atep.

Pas duduk itu, gw mandang depan dan menemukan satu fakta—ternyata depan gw itu kamar anak cowok, dan pintunya gak ditutup. Ternyata kamar yang itu ada dua pintu, yang berhadepan sama kamar anak cewek emang ditutup tapi yang nyambungnya ke balkon masih dibuka. Nggak bisa nahan diri, gw berjingkat ngeliat isi kamar itu. Anak-anak cowok tidur dengan sangarnya, membludak, kaki di mulut orang, kepala di perut temen. Wah bener-bener bertumpuk-tumpuk gitu lho. Gw nyoba ngeliat siapa aja yang gw kenal yang tidur disitu. First gw ngeliat Idat, tidurnya tenang, damai gitu yah. Trus Kak Benny, pembina paskib sekaligus pengendali displin LDKM, tidur diselimutin sarung, nyender ke badan Kak Jodi. Trus gw ngeliat Riddle, dan gw hampir ngakak. Riddle tidur dengan tampang rada melas gitu deh, dan bukan tanpa alasan. Gii-sen ada disebelahnya, melukin Riddle, dan mendengkur nggak karuan. Gw cepet-cepet lari tanpa suara ke kamar gw, baru ngakak sekenceng-kencengnya.

Setelah puas ngakak, gw balik ke tempat duduk gw tadi, di balkon, dan mulai istirahat aja ngeliatin pemandangan gelap dengan tenang. Dingin banget sih, tapi gw jadi merasa makin kuat kalo kena dingin. Nggak lama kemudian gw kembali ngeliat ke kamar anak cowok. Ternyata Riddle udah bangun, dan udah make jaket hitam yang modelnya kayak jaketnya Natsume gitu, berdiri di jendela dan nggak ngelakuin apa-apa.

“Oi, Rid, jatoh lw nanti!” kata gw. Riddle noleh, ngeliat gw. Terus keluar dari kamar, menuju ke arah gw.

“Gila, gw nggak bisa tidur disitu,” keluh Riddle. “Si Giri ngorok.”

“Dan meluk lw, kan?” sahut KaitoIcha, yang lagi ada di sebelah gw. Dia emang nemenin gw selama itu, dan dia juga udah ngelongok ke kamar-yang-pintunya-kebuka-itu.

“Hih, emang iya?” Riddle merinding. Ia jalan menuju tangga. Gw, rada kuatir ngeliat Riddle kayaknya masih lamur matanya, ngikutin dia. Kayaknya sih dia mau turun.

“Lho, Sa? Tangganya ilang, Sa!” kata Riddle minta tolong.

Gw cengok. Lah itu tangga dengan jelas di depan Riddle kok.

“Itu lho Rid, jelas kok keliatannya!”

“Nggak kok, Sa! Ilang!”

Gw geleng-geleng kepala. Mata Riddle kayaknya beneran lamur nih. “Lw masih ngantuk tuh, Rid. Tidur lagi aja ngapa.”

Riddle langsung nurutin saran gw. Dia duduk, terus tiduran, melingker kayak kucing. Gw memiringkan kepala, terus menyentuh telinga Riddle jail. Ia nggelinjang.

Yah, akhirnya gw en KaitoIcha nemenin dia aja ngeringkuk kayak kucing gitu, sampe kira-kira jam 4-an (gw bangun jam 3, dan Riddle setengah empat) anak-anak yang tersisa bangun semua, terus turun ke bawah buat solat sama kayak muhasabah gitu deh. Pas mau ambil wudhu, gw en KaitoIcha pergi ke ‘private bathroom’, sebuah kamar mandi yang letaknya tersembunyi banget, dikit anak yang tahu. Sangat berguna soalnya kita gak perlu antri panjang buat mandi ato wudhu. Saat itu yang tahu cuma gw, KaitoIcha, Riddle, Gii-sen, Ilham-sen, sama Reta-sen. Pas gw sama KaitoIcha kesana ternyata ada Gii-sen, Ilham-sen, sama Reta-sen lagi wudu. Reta-sen sama Gii-sen lagi ciprat-cipratan air. Pas gw baru aja keluar sama KaitoIcha karena udah selese wudhu, Riddle dateng.

“Sa, lw bantuin gw dong,” kata Riddle. “Di kamar mandi kan nggak ada kerannya. Jadi gw gak bisa wudhu sendiri. Lw ambil airnya pake gayung, terus kucurin dikit-dikit kayak keran supaya gw bisa wudhu.”

Gw ngangguk aja. Idem lah. “Oke.”

So kita berdua masuk kamar mandi, sementara Riddle nggulung lengan jaketnya, gw nyiduk air. Dan sesuai kronologisnya, gw ngucurin air pake gayung sementara Riddle wudhu dari air yang gw alirin itu. Sementara KaitoIcha nungguin gw di depan kamar mandi sebagai uke yang setia.

Selesenya, Riddle kembali nggulung jaketnya, terus ngumamin “Makasih.”

“Sama-sama,” gw ketawa. Inilah beda paling mencolok antara Riddle sama Idat—Riddle selalu ngomong makasih. Terus, yaa, Riddle kembali ke tempat duduknya sementara gw sama KaitoIcha juga balik ke tempat duduk kita.

Pas muhasabah (yang bagi gw kagak ada haru-harunya, tapi kok anak cewek pada nangis ya), gw, KaitoIcha, Ilham-sen, Gii-sen, sama Riddle duduk berlima saling merapatkan badan. Nggak lama Riddle pergi ke Idat, digantiin sama Kak…siapa ya. Gw kok lupa waktu itu yang dateng siapa. Yang jelas kita berempat—gw, KaitoIcha, Ilham-sen, sama Gii-sen ngobrol aja sementara ada game dan tontonan kayak Hashin-Kyojin antara Mr Harry sama Pak Dwi. Ah nggak jelas nih.

Well, ternyata hari kedua ini lebih asyik daripada hari pertama. Kita ada game nyari harta karun, wah susah banget deh, mesti ngumpulin poin dulu dari banyak pos. Yang paling lucu kata gw sih pas harus mindahin air dari gelas yang nempel di dahi—kelompok gw jadi tontonan super kocak buat para guru kayak Bu Yuni, Bu Nur, Mr Harry, sama Pak D. Walo pada akhirnya kagak ada yang berhasil ngumpulin poin sesuai target, tapi kita semua akhirnya pergi ke tempat harta karun itu. Ternyata itu adalah sebuah pipa yang ditancepin ke tanah, lumayan tinggi, dan di dasarnya terdapat sebuah bola yang adalah harta karunnya. Pipa itu bolong-bolong, sengaja dibolongin, jadi kita sekelompok harus nutupin semua lobang-lobang itu dengan jari sementara satu orang ngambilin air pake ember dari waduk kecil di sebelah kita. Riddle kayaknya punya firasat buruk tentang kegiatan ini, maka dia gak ikutan dan nonton dari atas gundukan tanah. Firasatnya tepat.

Akhirnya bukannya berusaha dapet bola itu kita semua malah siram-siraman aer pake ember. Gak tahu siapa yang mule, kalo gak salah sih Pak Dwi ato sapa gitu. Yang jelas satu yang gw incer—Gii-sen. Ketemu, gw nyiram dia dari belakang. Dia bales nyiram gw. Gw bales lagi.

Dan suatu insiden terjadi. Gak tahu siapa yang dorong, Alfi-sen jatoh ke waduk kecil yang gw sebut tadi—atau sebut aja empang, deh. In fact, sebenernya itu bukan air biasa. Dasarnya lumpur. Jadi orang yang kecebur disana akan susah ngegerakin kakinya, alhasil dia akan semakin tenggelem dan tenggelem. Dan itulah yang terjadi pada Alfi-sen. Semuanya syok, gak ada yang berani nolong. Tiba-tiba Kak Benny (tahu kan, yang pembina paskib itu lho) langsung lari dan nyeburin dirinya ke empang, nyelametin Alfi-sen, ngebawanya ke pinggir. Pak Dwi lagi-lagi berbuat kesalahan fatal, maksut beliau sih pengen nolongin tapi beliau salah tarik. Beliau malah narik jilbab Alfi-sen, jadi jilbabnya copot aja gitu lho. Alfi-sen yang lagi megap-megap kehabisan nafas ya nggak peduli.

Pengorbanan Kak Benny lumayan gede juga buat nolong Alfi-sen, lho. Ternyata pas dia nyebur ke empang itu di sakunya masih ada hape (ya jelas lah, wong nyebur buat nyelametin Alfi-sen itu refleks kan), so pasti basah dong. Setelah Alfi-sen berhasil selamat naik ke daratan, Kak Benny langsung panik ngerogoh sakunya dan melemparkan hapenya ke—siapa ya—Mr Harry kalo gak salah. Setelah itu sih gw liat hapenya dijemur gitu, sementara pemiliknya sendiri dikerubungin anak-anak yang nanya tuh hape masih garansi kagak.

Setelah makan, anak-anak mandi (gw en KaitoIcha lagi-lagi ke kamar mandi rahasia itu). Gw yang udah selese mandi pun ngobrol berdua sama KaitoIcha di jendela sambil makan cheetos, ngebahas (baca: ngayal) soal rancangan AOT (sebenernya waktu itu kita ngayal tokoh cerita AOT, Cadbury, muncul di depan kita, emang dasar anak-anak aneh...) dan saat itu Riddle dateng ke kita.

Riddle: Eh, lw, bagi dong.

KaitoIcha: *nyodorin bungkusan citos*

Riddle: Makasi yak.

Terus dia pergi. Berapa menit dia nyamper lagi.

Riddle: Bagi lagi dong.

KaitoIcha: *setelah nyodorin bungkusan citos* mau lagi gak?

Riddle: Gak.

Eh berapa menit dia dateng lagi, minta lagi. Dasar anak aneh. Btw pas di cerita ini (that’s mean masi kelas 7) dia masi manggil KaitoIcha dengan ”lw” aja, sekarang pas udah kelas 8 mereka bedua udah kayak gw sama Riddle dulu (ada tambahan lagi sih...bertiga sama Keanu, di 8D). Takdir emang aneh. Nanti gw ceritain khusus deh hubungan KaitoIcha-Riddle-Keanu dalam satu post tersendiri.

Back to story, terus gw lupa dia ngatain apaan, yang jelas gw kesel dan, as usually, gw ngejer dia. Turun tangga satu kali, ngelewatin Mr Harry en Bu Nur (Mr Harry ngomong, “Ya ampun…” sementara Bu Nur, “Walah…Tom & Jerry mulai lagi”), naik lagi, turun lagi, ngelewatin kedua guru itu lagi (Mr Harry negor, “Hei, hei!” Bu Nur cekikikan) sampe akhirnya kita bedua berenti, kecapekan, dan sepakat damai sementara.

Trus setelah itu KaitoIcha ngapain gitu, jadinya gw sendirian kan. Terus gw ngambil pocari gratis dan duduk di tangga. Ternyata di tangga itu udah ada Idat (yang lagi ngobrol sama Mr Harry, jadi nggak notice sama kehadiran gw) dan Riddle. Keduanya juga lagi minum pocari. Gw duduk di salah satu anak tangga diatas Riddle.

“Eh, Sa, lw pernah tenggelem nggak?” tanyanya mendadak.

”Tenggelem maksut lw?”

”Ya kayak Alfi tadi.”

”Pernah sekali, di laut. Diselametin bokap. Lw?”

”Nggak pernah sih. Kalo nyelametin orang pernah.”

”Yee, itu sih gw juga pernah kali.”

”Lw suka berenang, Sa?”

”Lumayan.” gw meneguk pocari.

”Coba kali-kali tanding sama gw,” kata Riddle, narsisnya keluar. ”Pasti lw kalah Sa.”

”Ih! Tanding aja belom!”

”Coba, lw bisa gaya kupu-kupu?”

”Bisa.”

”Lumba-lumba?”

”Bisa.”

”Rolling?”

”Bisa juga.”

”Hmm,” Riddle menggaruk dagu. ”Ternyata lw gak semudah yang gw kira buat dikalahin.”

”Sasha, gitu.”

Saat itu Kak Ilham dateng, terus duduk di anak tangga diatas gw. ”Hei, Sa.” terus dia duduk ala L. Mana megang pocarinya juga gaya L lagi. Kayaknya Ilham-sen sama Gii-sen beneran tergila-gila deh sama L.

Iseng, gw nyeletuk. ”Kak Ilham, kira-kira Riddle kalo dijadiin cosu bagusnya apaan yak?” buat yang belom tahu, sebutan cosu itu nama lain cosplay. Nggak tahu cosplay? Malu-maluin, cari di wiki sana deh, kalo ada.

”Hmm...” Kak Ilham mengamati Riddle.

”Cosu? Maksudnya cosplay?” tanya Riddle.

Gw mengangguk. Lalu memberi usul. “Gimana kalo Rock Lee?”

“Dulu sih gw dibilang Rock Lee, tapi kan sekarang udah nggak mirip lagi,” Riddle merapikan rambutnya. “Dulu juga gw punya temen kayak lw, Sa. Suka Jepang, tergila-gila sama Naruto. Dia sering sebut gw Rock Lee. Gw sendiri iseng sebut dia Ino.”

Gw terkekeh. Pantes Riddle cocok banget temenan sama gw, dia juga ngerti kalo lagi main bertanding-ala-Naruto di kelas sama gw, rupanya emang udah pengalaman toh.

Terus setelah itu diem bentar. Kak Ilham masih mikir Riddle bagus cosu paan, sementara Riddle kayaknya larut dalam kenangannya. Gw ngebiarin aja dia nginget-nginget lagi temennya dulu itu, sambil nyeruput pocari pelan-pelan.

”Eh, Sa,” Riddle kelihatannya udah balik ke bumi. ”Lw udah nurunin tas belom?”

”Belom. Kenapa?”

”Nggak, nyaranin aja, kan enak kalo udah naroh tas, balik ke tronton gampang. Gw sendiri udah naroh kok.”

”Pinter juga lw.” Gw bangkit dan balik ke kamar dan ngambil tas gw, terus nyeret itu turun kebawah tangga, ke tumpukan tas (yang kelihatannya tasnya Riddle, Idat, dan dua tas lagi gw nggak tahu punya siapa). Dibawah gw ketemu KaitoIcha, terus gw ngobrol deh sama dia. Gak berapa lama Gii-sen sama Ilham-sen dateng, terus kita ngobrol berempat—tentang Death Note, tentang cosu, tentang bagaimana-cara-menjadikan-Gii-sen-jadi-kayak-L-biar-bagus-buat-cosu. Terus gw nyeritain akhiran Doraemon yang gw baca di internet, di blog siapa tuh gw lupa. Dari sudut mata gw, gw ngeliat Mr Harry mendengarkan dengan berminat. Terus akhirnya kita maen suit-tunjuk-tampar, yah intinya maen berdua-dua terus suit, yang menang harus nunjuk ke suatu tempat secara cepat, sementara yang kalah harus mandang arah lain, kalo nggak kaki kena tampar. Gw sama Ilham-sen, KaitoIcha sama Gii-sen. Gampang banget lawan Ilham-sen, soalnya dia latah sih, gw nunjuk mana dia pasti ngeliat ke arah yang gw tunjuk. Sementara suara ”plak plak” gak hentinya terdengar dari sebelah gw.

Akhirnya ada panggilan solat dhuhur, terus penutupan bentar dan kita balik ke tronton. Gw capek banget, sampe akhirnya tidur di tronton dengan kepala nyandar di kursi besi, begitu nyampe kepala sakiit banget. Akhirnya gw pulang setelah nunggu lama banget di skul.

Emang sih kesiksa disana, tapi diluar dugaan menyenangkan juga!

Tidak ada komentar: