Minggu, 16 November 2008

Aishiteru For Two of You~

Pepatah bilang, musuh paling berat itu diri sendiri.

Kebanyakan orang pada nggak ngerti apa maksud dari “ngelawan diri sendiri” itu. Dulu juga gw gak ngerti. Tapi akhirnya gw mudeng kalo itu maksudnya melawan ketakutan sendiri, melawan nafsu sendiri, etc. Jadi bukan harfiah bener-bener ngelawan diri sendiri, gitu.

Tapi nyatanya, pertarungan harfiah itu pernah gw jalanin. Dan filsafat itu bener…NGELAWAN DIRI SENDIRI ITU SUSAHNYA SETENGAH IDUP. Gw aja sampe megap-megap kalo mikirin masalah itu, mendadak keilangan oksigen.

Olret, emang bukan harfiah diri sendiri. Gw ngelawan orang yang sangat mirip dengan gw, tampang, kebiasaan, taktik, strategi. Dan itulah yang bikin susah. Gw ngelawan KaitoIcha.

Buat anak-anak yang udah temenan sama gw dari SD pasti tahu gimana kalo gw ngatur strategi itu. Nggak ada celah, nggak ada kelemahan. Bahkan yang bikin sekalipun nggak punya ide gimana cara ngancurin rencananya sendiri. Rencana yang baik emang seharusnya gitu. Mereka-mereka juga tahu gimana kalo gw ngamuk. Dan sekarang gw ngelawan seseorang yang sama sadisnya kayak gw (wahaha).

Well, sama kayak gw lagi, KaitoIcha ngamuk-ngamuk tanpa sebab—dan anehnya yang jadi target itu gw-Tia-Afyra. Yang dua ini malah panik, “Duh Icha kenapa sih, Icha kenapaaa (njerit)” sementara gw cuma bilang “Ya oloh, biarin aja napa.”

Sebagai seorang AR terlatih (untuk lebih lengkapnya tentang apakah AR itu, imel gw secara pribadi) gw biasa untuk menyembunyikan emosi supaya bisa berpikir jernih. Di luar gw emang cuma ngomong “biarin aja” tapi di dalem hati gw nangis ngesot-ngesot. Nggak karuan. Dan sumpah, baru pertama kali ini gw panik gara-gara orang lain.

Nggak enaknya jadi AR itu satu—lw bisa ngebantu orang tapi nggak bisa ngebantu diri sendiri. Orang bisa minta bantuan ke lw, dan lw bakalan segera berangkat dalam suatu misi—tapi kalo lw sendiri yang dapet masalah, lw nggak bisa melakukan misi buat diri lw sendiri. Selain karena terikat peraturan AR yang melarang suatu misi yang menguntungkan diri perseorangan seorang anggota AR/spy/informan, misinya pun nggak akan berhasil, karena ya orangnya tahu lah kalo lw yang pergi nyelidikin. Ditambah lagi gw nggak bisa minta orang lain buat misi, karena nggak ada tuh yang namanya saingan AR di SMP. Kalo di SD sih ada, tapi nggak becus. Hehe.

Well, karena itulah gw minta bantuan ke satu-satunya orang non-AR yang punya kecerdasan setara AR—Iguana.

“Halo,” suara Iguana menyambut gw di telepon.

“Gun,” keluh gw.

“Kenapa, Sa? Tumben lw yang nelpon, biasanya kan gw.”

“Gun, gw…” dan keluarlah seluruh laporan gw tentang kasus baru ini. Iguana nggak menyela apapun dan tetep ngedengerin sampe gw selese.

“KaitoIcha…” dari nada suaranya, gw tahu Iguana menggaruk dagu. “Orang yang biasa lw sebut-sebut di blog, kan?”

“Uh-huh.”

“Gini,” kata Iguana. “Lw udah pernah nyoba ngomong ke dia, Sa?”

“Eh? Kalo nyoba sih, udah. Tapi dianya mah kagak mau ngedeket, bahkan dalam jarak dua meter sekalipun.”

“Ya, coba ajak ngomong. Gw tahu lw, kalo lw pasti bisa ngegunain kata-kata dengan sangat baik. Asalkan lw bisa ngomong sama dia, lw pasti bisa.”

“Tapi bagaimana…”

“Gw ada ide,” dan Iguana mengutarakan idenya itu. Semakin gw ngedenger rencananya, gw tahu rencana ini pasti berhasil. Pasti bisa.

“Keren,” gw terpesona. “Lw jadi AR aja deh, Gun!”

“Ah, kalo jadi AR sih repot, peraturannya ketat banget,” komentar Iguana lugas. “Tapi paling nggak peraturan pertamanya udah lw cabut kan? Peraturan yang nggak boleh jatuh cinta sama orang?”

Gw nyengir. “Kan atas perintah lw, Gun.”

“Bagus, bagus. Nah, pokoknya lw mesti bisa ngajak KaitoIcha ngomong. Nggak usah ngomong deh, SMS juga bisa. Semua ini bukan kebetulan, lw dapet masalah kayak gini di tengah-tengah berbagai masalah yang lw hadapin di sekolah itu. Bukan kebetulan, menurut gw lw berhasil memecahkan kasus yang ini, dengan begitu lw berhasil nambah satu prestasi lagi buat ditulis di database AR lw itu. Dan itu merupakan hiburan di tengah masalah-masalah lw. Nggak ada yang kebetulan di dunia ini, Sa, gw tabrakan sama lw di Japan Festival waktu itu juga sama sekali bukan kebetulan, karena dari situlah kita bisa saling kenal, kan?”

Gw ketawa.

“Nah, kalo gitu kayaknya saatnya lw menunjukkan bagaimana seorang pro bersikap,” kata Iguana riang. “Semoga berhasil, ya!”

“Makasih, ya Gun. Aishiteru!” dan kita sama-sama nutup telepon. Gw langsung nyalain kompi dan nyari lirik REASON-nya xxxholic, ngambil yang reffnya, terus segera mengetikkannya di hape dengan kecepatan ala Artemis Fowl.

Konna kimochi wa umarete kite hajimete
Ude wo hippatte mukiatte mou kowagaranaide call a name
Kotoba no imi mo umarekawarihajimeru
Koronjattatte naitatte kanjite kita subete ni reason
(Reason, ending 1 xxxholic)

Dengan artinya kira-kira:

Perasaan ini baru terlahir
Hadapi dengan uluran tangan, jangan takut, panggillah seseorang
Ketika arti sebuah kata terungkap
Ketika aku terjatuh dan menangis, aku tahu bahwa segala sesuatu mempunyai alasan.
(Reason, translated by Nagini Arisu)

Dan gw menekan tombol kirim. Selanjutnya tinggal menunggu.

Besoknya gw dapet balasan dari KaitoIcha. Segera gw lari ke kompi, sambil nyalain, ngebaca teksnya.

Anna ni issho data no ni yuugure wa mou chigau iro.
Kitto hitori wa samishii.
Omae ni kore wa omou-sugiru kara. (?)
Sou, ano-hi ano-toki ARI-GA-TO…issho ni sugose-ta hibi wo ARI-GA-TO…anata ga watashi ni kureta subete.
“ARIGATO”
THE THINGs LEFT are…
Sono hitomi no naka utsuru boku wa, kimi ni totte donna sonzai?
DON’t --- anata wa naze nakuno ?
“NEVER do THAT”
Watashi no rikai wo koete iru.
“GOMEN”
Kunou wa tsuzuki…toki dakega sugite yuku…
Till I vanish.
“HOLD ON”
Till ‘KOKORO’ of mine get ILLUMINATed. While now I’m SEALed by dELTA neither BERSERK MODE, when I can express my DARK SIDE.
“CHOTTO”
Till the TIME ARRIVES…
Anata, KISEKI wo SHINJITE?
“SHINJITE”
Gomen, KO-TO-BA wa…M- WORDING ma-be bad, --ould trans—te it careful--- by y—rsel-
^shinsoku na ERROR
ga hassei simashita^

gw ngerjain terjemahan ini sampe jam 12 malem, dengan nafas udah megap-megap, saking susahnya. Sementara itu gw juga udah ngirim SMS baru, dari ENERGY-nya Ginban Kaleidoscope.

itsumo kayoi nareta basho datta no ni
kyou wa hitori ga sabishiku natta
kimi ga tonari ni inai dake de
kootteiku sekai ni kurushiku naru no
motto motto chikaku ni kanjitetai yo
kimi no sono tsuyosa made zenbu
sugoku tooku hanareta basho ni itatte
tsunagatteiru kara
yasashii sono koe mo watashi wo mitasu energy
(Energy, ending Ginban Kaleidoscope)

Yang artinya:

Inilah tempat dimana aku sering berada
Tapi hari ini, seluruhnya, aku merasa sendirian
Hanya karena kau tak ada disampingku
Dunia terasa membeku, dan itu menyakitkan
Aku ingin merasakannya lebih dekat dan lebih dekat lagi
Kekuatanmu itu, dan semuanya
Bahkan ketika kita berada di tempat yang sama sekali terpisah
Kita terhubungkan
Suara yang lembut itulah yang mengisi energi di dalam diriku.
(Energy, translated by Nagini Arisu)

Besoknya KaitoIcha ngirimin translate dari sms yang dia kirimin (dan ternyata emang sama persis dengan terjemahan yang udah gw buat—ini bikin gw bangga ^^) dan gw balikkan lagi dengan ucapan lain—dan kita saling lempar kata-kata, bukan kata-kata buruk, in English, kecampur Japanese juga sih.

Well, alih-alih yang biasa orang lakukan dengan langsung ngomong “Lw kenapa sih? Gw salah apa? Bla bla bla…” dan lain sebagainya, gw mencoba buat menstabilkan perkataannya, yang tadinya kacau banget sampe rileks pelan-pelan. Logika Iguana berhasil. Total. Now she returns to normal and I got my girlfriend again ^^ *dilempar wortel sama Iguana* Gw mencoba nggak ngebahas sama sekali soal masalah apa yang menimpanya sehingga gw dicuekin gitu, soalnya kalo diinget-inget lagi percuma aja, not helping. Gw percaya kalo itu sesuatu yang penting pasti dia bakal ngomong, kalo nggak diomongin berarti entah karena nggak penting atau gw nggak seharusnya tahu. Ya sudahlah. Sekarang masalah selesai! Sasha menyelesaikan suatu kasus sekali lagi! Thanks Gun! En thanks juga, Cha…you’ll be in my heart.

Betapa gw sayang sama mereka berdua!

Tidak ada komentar: