Senin, 18 Mei 2009

Mayoritas...Dan Minoritas

Ada sesuatu yang selalu gw pikirin sejak dulu.

Well, kita tinggal di Indonesia. Di Indonesia, mayoritas agama adalah Islam. Gw, yang orang Islam, selalu ngebayangin gimana rasanya jadi minoritas. Yah, kalo di Indonesia, kalo ada yang ngehujat Islam dikiit aja, pasti langsung dibawa perkara ke meja hijau. Dikit-dikit langsung tersinggung lahh. Padahal kalo kata gw ada beberapa (beberapa lho ya!) yang sebenernya masalahnya kecil-kecil aja kok. Malah mungkin ada yang kesalahpahaman.

Gw dulu ikut forum dudung.net, yang notabene merupakan forum Islam, anggotanya Islam semua (kalo gak salah ada satu yang Kristen sih...but dia gak pernah ngeganggu kita dan kita juga aman-damai-sentosa aja gitu sama dia). Tentu aja yang namanya forum Islam, pasti ada banyak banget thread-thread yang membahas tentang Islam. Beberapa kali gw ngeliat ada artikel yang semacam membuktikan kalo "Islam benar, agama ini salah, karena bla bla bla". Gw yang Islam, tenang-tenang aja baca begitu. Tapi terus gw mikir lagi--kalo orang non-Muslim yang ngeliat gimana perasaannya, ya?

Gw sering banget ngeliat artikel kayak gitu kalo lagi browsing, gak bisa dipungkiri. Lha masih bagus kalo tuh artikel ditempatinnya di forum yang emang forum Islam kayak dudung.net...tapi di situs normal? Situs normal, kayak blog dsb, pastinya dibaca banyak banget orang. Dan yang baca bukan orang Muslim aja. Gw ngerti kok kalo yang nulis emang orang Islam gitu, terus temen-temennya Islam semua, tapi remember, blog itu universal. Semua orang bisa baca. Bahkan andaikan sekarang gw ngejelek-jelekkin Amrik, kalo ada orang Amrik yang bisa bahasa kita, tentu mereka bisa baca, kan?

Nah,
Sekarang gw tahu rasanya jadi mereka.

Kemaren gw browsing, dan gw nemu satu situs yang menyajikan quotes dari orang-orang terkenal. Gw nemu satu quotes yang lumayan nyelekit. Gw gak inget sih kalimat aslinya apa, cuman kira-kira gini: Islam adalah agama dimana Tuhan meminta anakmu mati untukNya, sementara Kristen adalah agama dimana Tuhan mengirimkan AnakNya mati untukmu.

Bagi para orang Kristen, mohon maaf, gw nggak ada maksud buat ngejelekin quote ini. Yah, gw tahu betul maksud quote itu apa--mengacu kepada kejadian dimana Allah meminta Nabi Ibrahim menyembelih Nabi Ismail, dimana saat itu Nabi Ismail ditukar dengan domba oleh Malaikat Jibril. Inget? Yah, gw sekarang bukan mau menunjukkan dimana letak kesalahan quote itu, yang sekarang mau gw bahas adalah perasaan sakit di hati gw ketika gw ngebaca quote tersebut. Gw yang ngebaca itu aja udah gedeg. Tapi para orang non-Muslim di seluruh tanah air ini, menurut gw, udah kenyang sama hal-hal kayak gitu--berhubung Islam mayoritas di negara kita. Gw pikir, mereka semua nggak pernah--atau jarang--marah dan ngeberontak pada kita. Mereka menerima semua itu. Mereka bersabar.

Kita yang orang Islam? Disinggung dikit marah. Orang non-Muslim ngomong, kita salah paham. Orang non-Muslim beribadah, banyak yang mencemooh. Gw ngebayangin andaikan Muslim yang minoritas di Indonesia. Bukankah kami yang akan mendapatkan perlakuan itu?

Lalu gw penasaran, kenapa kami semua harus seperti itu? Kenapa kami semua harus menulis artikel yang menyakitkan bagi orang non-Muslim di situs yang semua orang bisa melihat? Gw gak masalah jika itu disampaikan dalam khutbah Jum'at misalnya, atau selebaran di komunitas Muslim--tapi please, di internet? Semua orang bisa baca. Banyak orang yang sakit hati karena itu. Mereka sadar nggak sih ketika mereka mengepost tulisan itu kalau ada resiko orang non-Muslim bisa marah dan menuntut kita, tapi mereka tidak melakukan itu?

Cobalah bayangkan, kita yang orang Muslim, sebagai minoritas di negara ini. Bayangkan orang non-Muslim menulis sesuatu yang menjatuhkan kita, seperti quote yang gw baca itu. Apa kita nggak sedih, kita nggak sakit? Kenapa kita semua nggak coba melihat dari sudut pandang mereka, dan mencoba untuk menghargai mereka? Mereka nggak ikut ajaran kita, itu semua bukan masalah. Coba bayangkan jika kita ada di pihak mereka, mereka menganggap agama mereka benar, dan mereka taat beribadah bagi agama mereka sendiri. Itu aja udah cukup, kan? Kita nggak perlu memaksa mereka untuk mengikuti ajaran Rasul, karena mereka bukan kita. Mereka sudah punya agama yang bisa mereka taati, dan mereka mengurusi diri mereka sendiri.

Coba bayangkan mereka yang mayoritas dan kita minoritas--kita pasti tidak suka jika mereka menulis atau berbicara sesuatu yang menyinggung agama kita.

Bukan begitu?

Tidak ada komentar: