Kamis, 22 Januari 2009

Gw Kena Karma

Oh yeah. Sekarang gw lagi stres.

Besok gw ada ulangan fisika yang nggak tahu deh bakalan dapet berapa. Sementara itu, tuntutan buat belajar buat lomba IPA hari minggu is really freakin me out. Yah satu penghiburan gw adalah gw dikirim lomba itu paling kagak sama Futa, bukan sama Luka. Futa, diem-diem gitu paling nggak lebih baik dari diemnya Luka, ngeliat muka orangnya aja udah pengen menjauh aja gw. Seharian ini gw bener-bener nyaris pingsan, karena gw harus nyari pengganti diri gw buat lomba Bahasa Inggris yang ternyata diadain di hari yang sama kayak IPA. Udah gitu gw juga dikejer-kejer buku IPA yang ngekor mulu kemanapun gw pergi. Uh, rasanya mau gila. Seharian dari pelajaran pertama gw sama Futa udah ditendang masuk ke ruang bawah tanah, dikasih makan ikan asin, terus suruh ngerjain soal fisika. Oke, gw bercanda. Yang bener adalah kita berdua diculik, dimasukkin ke ruang-sebelah-ruang-kepsek-apa-tuh-namanya, terus dikasih sebundel soal kayak diktat. Udah gitu si Futa baru tahu tadi pagi pula kalo dia lolos! Berikut adalah percakapan gw en dia tadi pagi.

Futa: *baru dateng, naroh tas di kursi*
Gw: Oi. Futa.
Futa: Hmm?
Gw: Lw lulus IPA, kan?
Futa: EH? IYA? Tahu darimana lw?
Gw: Ya nanya Pak Darus dong! Lw pedulian dikit kek sama lomba. Gw aja sebenernya kalo nggak dibilang Kak Alfi gw lolos juga nggak ngecek sih, emangnya gw peduli gitu.
Futa: YA BERARTI LW SAMA AJA KAYAK GW DONG. Sapa lagi kelas 8 yang lolos?
Gw: Gw sama lw doang.
Futa: …

Yeah, mungkin dia kaget kali ya dipasangin sama anak tolol kayak gw—biasanya kan sama Luka. Ah bodoin deh. Yang jelas terus kita ketemuan sama Kak Alfi en Kak Amel, terus berempat ngerjain soal sama-sama dan diajarin Pak D sama-sama. Banyak banget kejadian kocak di ruangan tersebut—terutama karena gw en Kak Alfi hobi banget ngegodain Futa. Dan gw tahu dari Kak Alfi (sementara Kak Alfi dapet bocoran dari temennya Futa) kalo Futa has a crush now! I waw! I waw! Futa suka sama cewek! Wahh kira-kira siapa ya? Katanya sih anak kelas gw…selidikin ah! *nyantolin cangklong ke mulut*

Diantara kita berempat, udah jelas keliatan emang Futa doang yang kalem. Di tengah waktu ngerjain soal Fisika kita, gw, Kak Alfi, sama Kak Amel bosen.

“Eh keluar yuk, beli permen di kantin,” kata Kak Alfi. “Gw gak bisa belajar kalo nggak ngemut permen.”

Yahh alhasil kita beranjak en melangkah keluar. Tapi dari pintu kita ngintip dan ngeliat kalo Pak Darus lagi di depan. Duhh gak mungkin banget kan kita bertiga grasa-grusu keluar? Akhirnya setelah kesepakatan, kita ngumpulin duit dan Kak Alfi keluar sendiri buat beli permen. Balik-balik kita semua ngemut permen-permen yang dibeli Kak Alfi. Sementara Futa? Masih nunduk mandangin soalnya. Gitu terus dari awal. Yah nggak sih, dia juga sempet melingker di meja dan tidur, hampir mau ditusuk pensil sama Kak Alfi tapi karena kasian, akhirnya nggak jadi, deh.

Kita solat nyaris telat, keempatnya sama-sama ngos-ngosan pas nyampe di mesjid. Terus pas istirahat kedua, Futa nyamperin gw dengan nggak pake kacamata.

“Sa, nanti gw absen latian IPA, ya?” kata dia.

“Hmm? Napa?” gw heran.

“Kacamata gw rusak, gw nggak mungkin bisa ngerjain soal tanpa kacamata.” Dia ngeliatin kacamatanya. Bener aja, bingkainya patah.

“Astaga, ini diapain aja, sih?” kata gw heran. Lagian patahnya rada-rada gak lazim gitu.

“Ketendang tadi,” jawab dia polos. “Gw nggak bisa baca tulisan tanpa kacamata.”

“Mangnya minus lw berapa sih, 1 ¾ kan kalo nggak salah? Gw aja 2 ½ masih bisa ngeliat tuh,” kata gw.

“Yah itu kan lw, gw gak bisa,” kata dia melas. “Ya, gw absen ya?”

Gw diem aja, nggak tahu harus ngomong apa. Akhirnya gw turun ke ruangan, terus masuk. Nggak ada siapa-siapa. Gw ngeberesin kertas-kertas gw sama kertas-kertasnya Futa, terus ngebawa semuanya dan keluar dari ruangan. Kebetulan papasan sama Kak Amel dan gw ninggalin pesen kalo gw sama Futa absen latian. Akhirnya gw naik, tapi di tangga, gw papasan sama Futa.

“Lah, nggak jadi latian nih?” tanya dia.

“Nggak, gw udah ngabsenin lw,” kata gw. “Nih kertas-kertas lw udah gw bawa.”

“Lw juga absen?”

“Iya.”

“Horee! Nggak latian!” kata dia seneng. “Sini, gw bawain kertas-kertas gw. Yang mana sih?”

“Nih, nih, yang diatas. Bentar, nih dia.”

“Huh, seneng dia,” gw ngedenger Reza nggumam. “Dibawain kertas-kertasnya.”

Futa ngambil kertas-kertasnya dia dan naroh ke kelas sambil loncat-loncat. Rupanya mungkin dia tadi udah pasrah jadi ikut latian aja, makanya dia bawa buku IPA. Padahal seharusnya anak-anak 8C bawa buku IPS dan jalan ke perpus. Karena udah gw absenin, akhirnya dia (dan gw juga) ngambil buku IPS dan jalan ke perpus sama anak-anak laen.

Tapi pulang skul justru adalah puncak bencana, karena gw harus ngurusin lomba B Ing dan yang ini bener-bener nyusahin. Gw harus berkali-kali bolak-balik perpus-9B buat ngurusin IPA en B Ing bersamaan. Sumpah deh. GW. KENA. KARMA.

Dan sekarang gw mesti nyari artikel iPod, terus minta bokap gw nulis pake tulisan tangan.

GW. KENA. KARMA.

Tidak ada komentar: