Sabtu, 31 Januari 2009

Luka X Amel

All, gw sangat butuh advice dari lw semua sekarang.

Kemaren gw baru aja diseret buat debat sama anak-anak. Isinya adalah penentuan apakah gw bakalan baikan sama Luka apa kagak. Lw sendiri udah liat kata-kata gw di beberapa post sebelumnya—Luka itu psikopat, gw gak akan tahan temenan sama dia lagi. Sementara itu banyak dari mereka yang mengusulkan gw untuk pisah sama Amel. Jangan jadi sahabat dia lagi.

Mereka mengatakan itu seakan Luka adalah sahabat terbaik di dunia dan Amel itu pecundang.

Padahal logikanya begini. Pas dulu gw temenan sama Luka, dia nggak pernah bertindak sebagai seorang sahabat untuk gw. Kalo gw boleh ngomong agak vulgar, dia sebenernya benci sama gw. Dia sendiri pernah ngomong begini—masih jelas banget di telinga gw—“Gw gak akan nangis kalo lw mati sekalipun, Sasha. Gw gak akan sedih.” Well, saat itu gw gak bisa ngomong apa-apa, karena gw sendiri juga nggak punya kata-kata untuk mengatakan apapun selain ganti topik pembicaraan. Sekarang anak-anak pada bilang kalo Luka mau baikan lagi sama gw. Nah, itu entah mereka boong ato Luka udah gila, tapi yang jelas…gw ngebayangin melakukan itu aja udah mual banget rasanya, gimana kalo gw melakukan beneran. Gw nggak mau lagi salah langkah, bertemen sama orang yang sebenarnya benci luar biasa sama gw. Dari dulu juga selalu gw yang nyamperin dia. Selalu gw yang inisiatif buat ngajak dia ngobrol. Selalu gw yang ngejaga dia dari berbagai hal. God bless, dia nggak tahu kalo ada banyak banget orang yang mau ngejatuhin dia dan ngejebak dia biar kena point kalo orang itu nggak segera kelacak sama gw dan gw intimidasi sehingga dia batal melakukan hal itu. Sekarang semua itu nggak bisa gw lakuin lagi—walaupun emang nggak perlu, toh mereka semua mihak Luka sekarang.

Banyak orang yang ngira gw jealous sama Luka karena dia udah ngambil Riddle sama Keanu dari gw. Itu…itu salah. Gw nggak jealous sama Luka. Justru gw jealous sama Riddle dan Keanu. Mereka bisa aja langsung dapet respek dari Luka dalam waktu kurang dari setengah semester—lah, gw yang dari kelas 7 temenan sama Luka aja masih dibenci. Itulah kenapa gw langsung nggak enak perasaan kalo Luka udah mulai ngomongin Riddle ato Keanu, karena itu mengingatkan gw betapa gw kalah dibandingkan mereka berdua. Betapa gw jauh lebih tolol dari mereka berdua. Gw nggak mampu menang dari mereka. Tapi sekarang semua itu bukan masalah lagi. Toh gw udah meninggalkan Luka. Mereka bukan lagi penghalang—mereka semua musuh.

Kebalikannya dengan Luka, Amel banyak dicerca anak-anak. Mereka semua bilang kalo Amel cuma ngemanfaatin gw buat tenar. Banyak hal yang sangat nggak masuk akal di teori itu. Pertama, gw nggak tenar. Gw bukan anak paling pinter di sekolah—kalo Amel mau tenar, kenapa coba dia nggak ngedeketin Luka aja, malah lebih gampang tenarnya. Gw bukan anak yang gaul di sekolah—I’m a glasses girl with no appeal point in my body. Gw juga bukan pihak yang berkuasa dalam perang MASTERplan—justru lebih mudah baginya buat mengikuti MASTERplan, selain dia mendapatkan sahabatnya kembali, bisa dipastikan dia yang bakalan banyak dibela anak-anak. Kedua, dia adalah satu-satunya yang ngebantu gw disaat gw jatuh. Ketika gw sempet putus asa karena MASTERplan, siapa yang ngehibur gw? Dia. Ketika gw nangis pas kouhai gw meninggalkan gw dan mengikuti MASTERplan, siapa yang dateng pada gw dan membantu gw bangkit dari keterpurukan? Dia. Ketika gw sakit dan terhenyak di UKS, siapa yang ngejengukin gw dan bahkan ngerelain porsi makanan dia buat gw? Dia. Gw nggak ngerti semua hal yang berputar di sekitar gw, karena yang ada di mulut anak-anak dan yang gw lihat dalam kenyataan sudah jauh berbeda. Apakah gw mesti nurutin kata-katanya anak-anak dan ngejauhin Amel—tanpa sebab yang jelas, tanpa kesalahan yang udah dia perbuat ke gw? Justru kalo gw lakukan itu, itu membuat gw sama aja kayak Luka. Maen musuhin orang tanpa orang itu salah atau diberitahu apa kesalahannya. Malah Luka sendiri yang nulis di situsnya, “…dan untuk meluruskan pikiran seseorang kalau dia udah dimanfaatkan oleh seseorang yang mungkin hanya menginginkan ketenaran.” Gw tahu betul yang dia bilang itu siapa—gw sama Amel.

Kalo gw bilang, berani benar dia bicara seperti itu! Siapa yang peduli kalo gw nangis? Amel, bukan dia! Siapa yang peduli pas gw sakit? Amel, sekali lagi, bukan dia! Dulu pas gw masih temenan sama dia, gw pernah nangis gara-gara seseorang, dan pas gw beritahu tentang hal itu, dia cuma bilang. “Oh, nangis?” terus nggak ngomong apa-apa lagi. Nanyain gw kenapa aja nggak. Sementara Amel, pas gw sakit misalnya, gw nggak ngasi tahu dia tapi dia nyari tahu sendiri karena gw nggak ada. Begitu tahu gw sakit, dia langsung lari ke UKS buat nyari tahu gw kenapa. Bahkan para kouhai-kouhai gw yang lain—Praset, Jedi, dan lain sebagainya—aja nanyain gw kenapa. Sekarang siapa yang bersikap bersahabat ke gw, siapa yang baik ke gw, Luka atau Amel? Tolong deh, Luka, jangan bersikap seakan lw pengin membantu “meluruskan pikiran gw”, karena itu pasti cuma di mulut. Ngapain dia pengin ngebantu gw kalo dianya aja masih benci sama gw? Gw sadar sekarang, dari dulu sejak gw ketemu dia di acara mabit pas gw nggak sengaja duduk di sebelah dia, dia nggak pernah punya respek ke gw. So, gw rasa niatnya dia buat “meluruskan pikiran gw” mungkin entah dia emang bener-bener udah nggak waras, kepaksa karena tuntutan anak-anak ato guru, ato mungkin cuma cari simpati aja didepan anak-anak. Yeah, guru-guru emang udah pada tahu semua, dan really gw bener-bener nggak seneng dengan hal itu. Mungkin kalo guru-guru ternyata emang ngeliat ada yang nggak beres masih nggak apa-apa, tapi kalo ternyata sampe ada yang ngelapor ke guru, bener-bener bakalan gw kutuk orang itu biar mati meragan di tengah laut. Gw serius. Karena gw sama Luka kayaknya nggak menjauh yang terus jadi berantem mulut, jadi logikanya harusnya nggak ketahuan dong. Apaan dengan maksudnya “kalian berdua nggak wajar sih jauh-jauhannya”? Nggak wajar gimana? Emangnya guru-guru ada yang peduli apa sama masalah anak muridnya? Setahu gw di 19 nggak, tuh. Emang mereka merhatiin gitu kalo gw sama Luka misah? Justru sikap guru-guru yang malah nggak wajar. Sekarang gw bener-bener hilang akal soal ini.

Yap, sekarang gw lagi ngedengerin Numb-nya Linkin Park, berharap banget gw bisa meneriakkan kata-kata ini di depan Luka.

Can't you see that you're smothering me?
Holding too tightly
Afraid to lose control
Cause everything that you thought I would be
Is falling apart right in front of you.

Every step that I take is another mistake to you
and every second I waste is more than I can take…
(Numb, sung by Linkin Park)

Everyone, bantuin gw menentukan apa yang harus gw lakukan…

Tidak ada komentar: