Sabtu, 24 Januari 2009

Kenapa Luka Nggak Lolos Lomba?

Sekarang, gw sedang dalam masa diberondong pertanyaan yang bertubi-tubi.
Soalnya ada kejadian aneh yang baru aja terjadi, sih.

Minggu kemaren ada lomba IPA tingkat kecamatan. Yang dikirim lumayan banyak juga. Tiga serangkai semuanya ikut. Tiga serangkai adalah julukan yang diberikan Mr Harry buat gw, Tia, dan Luka dulu. Tapi yah, karena gw sama Luka pecah, akhirnya tiga serangkai juga ancur, deh. Gw gak tahu, tapi kayaknya Mr Harry udah mulai sadar dengan hal itu dan selalu mandang gw/Tia/Luka dengan heran karena kita udah nggak pernah ngumpul bertiga lagi. Kalo kata Tia sayang juga sih, pas giliran tiga serangkai tiga-tiganya ikut lomba yang sama, ehh malah pecah. Kalau begitu salahkan Luka, kawan. Salahkan Luka.

Yah pokoknya cukup banyak juga yang ikut, kelas 7-8-9 semua ada. Kita lomba di 233. Pengumuman yang lolos dikasih ke sekolah hari rabu. Jujur aja, gw gak belajar sama sekali pas lomba hari minggu kemaren itu. Alesannya satu: gw udah nggak niat. Jelas banget keliatan kalo Pak Darus cuma ngasih harapan ke satu orang: Luka. Yang laen jadi kayak pengawal doang. Lah wong yang dilatih itu Luka sendiri, yang laen cuma dikasih selembar soal dan suruh ngerjain sendiri di rumah. Soal itu cuma gw lirik bentar, terus gw lempar ke seberang ruangan pas Pak Darus udah nggak ada. Jujur.

Intinya, gw sama sekali nggak belajar dan nggak punya niat sama sekali buat lomba. Di 233 pun gw cuma ngerjain soal tanpa tekanan siapa-siapa, tanpa gw mengharap setitik pun kalo gw bisa ngerjain soal tersebut. Sempet sekilas mendadak muncul di otak gw bayangan kalo gw lolos dan Luka nggak, tapi segera gw ketawain bayangan itu sehingga hilang sendiri. Nggak rasional. Paling yang lolos kalo nggak Luka, Futa.

Hari rabu, gw ketemuan sama Kak Alfi dan Kak Reta. Karena minggu berikutnya ada lomba bahasa inggris, gw jadi sering ngurus sama Kak Reta. Nah pas gw lagi ngomong sama Kak Reta, Kak Alfi tiba-tiba nyela.

“Eh, selamat ya! Lolos IPA!”

“Hah?” gw kaget. “Siapa?”

“Lw, tahu! Lw kan lolos lomba IPA kemaren!” gitu kata Kak Alfi.

Dalem hati gw udah mikir, aduh, kalo gw lolos, pasti Luka juga ada. Repot dah gw. Akhirnya gw nanya lagi, dengan telinga udah siap denger nama Luka disebut. “Siapa lagi yang lolos?”

“Lw sama Futa,” kata Kak Alfi riang.

Hening.

“Hah? Luka nggak?” kata gw kaget.

“Nggak ah,” Kak Alfi mandang Kak Reta. “Tadi Pak Darus nggak ada nyebut nama Luka, kan? Iya, cuma lw sama Futa doang kok.”

Hening lagi.

Jangan-jangan pas pulang nanti, gw baru sadar kalo gw anak tetangga.

Pokoknya setelah nyelesein perkara lomba bahasa inggris sama Kak Reta, gw langsung ngebut ke atas. Masuk ke ruang guru, dan nanyain Pak Darus.

“Pak! Yang lolos IPA sapa aja?” tanya gw terengah-engah.

“Kamu sama Futa,” kata Pak Darus juga.

“Luka nggak?”

“Nggak, kamu berdua doang. Besok kita latihan ya.”

Gw turun tangga dengan perasaan kacau. Mungkin masih masuk di akal kalo misalnya gw, Futa, sama Luka yang lolos—itu berarti standar soalnya emang cukup gampang sehingga bisa diselesaikan oleh gw, dan dua orang expert diatas gw juga bisa. Tapi ini? Haloo, rata-rata di rapor gw 84 sementara dia 89, apa nggak jauhnya kayak dari sabang sampe merauke tuh. Malah masih agak rasional kalo misalnya Futa yang nggak lolos sementara Luka sama gw lolos, karena rata-rata Futa nggak jauh sama gw, dia 85/86 gitu. Banyak orang udah gw kasih tahu dan emang semuanya cengok semua, dan mulai memberikan masukan ide kenapa Luka nggak lolos sementara gw lolos. Dari berbagai ide itu (dari yang rasional sampe nggak rasional kayak yang nenteng kertas jawaban soal nggak hati-hati, dia kesandung, kertas jawaban Luka terbang, kelindes bis dan jatoh ke got) gw udah menyeleksi ke yang paling nggak masih masuk ke akal. Inilah dia:

Teori 1: MASTERplan udah menggerogoti jiwa Luka dari dalam dan bikin dia nggak konsen ngerjain soal. Yeah, ini merupakan favorit gw, meskipun gw nggak yakin yang ini bener ato nggak. Keliatannya Kak Alfi paling yakin sama teori yang satu ini. Karena banyak banget yang bilang Luka jadi keliatan banyak pikiran sejak pisah sama gw, meskipun kalo menurut gw kayaknya nggak gitu. Jadi kemungkinan yang ini nggak besar.

Teori 2: kertas jawaban Luka ketuker sama kertas jawaban gw. Menurut gw ini adalah salah satu yang paling rasional, meskipun ada satu hambatan: kalo emang ketuker, gimana caranya? Kayaknya nggak mungkin banget dia salah ngisi jadi nama dan nomor gw sama gw salah ngisi nama dan nomor dia—itu kan kesalahan yang tolol banget. Jadi kemungkinan yang ini kecil.

Teori 3: Luka pengin memperbaiki kesalahannya ke gw, jadi ngisi kertasnya dengan nama dan nomor gw lalu ngerjain dengan sangat baik. Jujur aja pas pertama gw denger teori ini dari Eldi, gw langsung ngakak. Seorang Luka melakukan hal seperti itu? Nggak mungkin. Lagipula kerugian yang gw tanggung di perang MASTERplan jauh lebih berat kalo cuma diganti dengan ngelolosin gw ke babak kedua lomba IPA. Udah gitu kalo emang begitu, berarti harusnya ada dua lembar jawaban bernama Galuh Elsa dan nggak ada lembar jawaban bernama Annisa Syavitri. Ini pasti bakal jadi suatu keanehan dan bakalan dilaporkan. Jadi gw mutusin kemungkinan yang ini persentasenya nyaris nol.

Teori 4: Luka emang males ngelolosin diri ke babak kedua jadi dia nggak ngerjain dengan serius, sehingga membuka jalan bagi gw buat lolos. Yah, yang ini cukup rasional, cuma kalo emang gitu, kenapa dia belajar keras? Gw tahu kalo dia belajar terus di rumah. Dan kalo dia nggak niat nerusin lomba IPA, kenapa dia belajar, coba? Jadi yang ini kemungkinannya nggak besar.

Teori 5: Luka mungkin lagi sakit ketika hari lomba sehingga kinerjanya nggak maksimal. Menurut gw ini adalah yang paling rasional. Tapi walaupun begitu, Luka nggak keliatan sakit di mata gw. Yahh, tapi kemungkinan teori ini yang paling besar dibandingkan teori lain, karena sakit masih bisa disembunyiin.

Kayaknya sih baru itu berbagai kemungkinan yang cukup rasional. Ada yang mau mendukung satu teori? Atau malah mau mencetuskan teori lain? Silahkan!

Tidak ada komentar: